Sumsel Ekspor Kelapa ke Thailand

No comment 197 views
banner 468x60

Keinginan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan perkebunan di Sumsel perlahan-lahan terwujud.
.
Terbukti, melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Sriwijaya Agro Industri (SAI) yang diketahui baru saja dibentuk, saat ini sudah mampu mengekspor ratusan ton buah kelapa.
.
"PT SAI ini beru berusia satu semester, namun sudah menunjukkan hasil yang positif. Kita harapkan upaya ini dapat membawa perubahan kesejahteraan pada petani," kata Herman Deru ketika melaunching ekspor buah kelapa ke Thailand di halaman Kantor PT SAI Palembang, Jum'at (28/5).
.
Menurutnya, adanya aktivitas ekspor hasil perkebunan tersebut tidak hanya berorientasi pada profit yang didapat, melaikan juga akan menstimulan tapi juga akan menjadi stimulan berkembangnya industri buah kelapa dari petani di Sumsel.
.
"Apalagi Sumsel ini memiliki 30 ribu hektar lahan kelapa yang produktif. Tentu hal itu butuh kanal agar pemasarannya tidak hanya berkutat di pasar domestik sehingga dapat memberikan keuntungan untuk para petani," ujarnya.
.
Diketahui pada tahap awal ini, PT SAI yang bekerjasama dengan CV Putra Sriwijaya Perkasa mengeskpor sedikitnya 135 ton kelapa ke negara tetangga Thailand. Dimana jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya produksi buah kelapa di Sumsel.
.
Lebih lanjut dikatakannya, PT SAI sendiri akan menjadi mitra para petani. Dimana dengan inovasinya, PT SAI akan mengakomodir produk yang dihasilkan para petani.
.
Sementara itu, Direktur PT SAI H Arkoni menyebut, ekspor ratusan ton kelapa ke Thailand tersebut merupakan jawaban dari visi misi Gubernur Herman Deru dari sektor pertanian dan perkebunan. (hen)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Sumsel Ekspor Kelapa ke Thailand"