Program PTSL Diharapkan Bantu Masyarakat Dalam Keabsahan Tanah

banner 468x60

LUBUKLINGGAU- Asisten I, Sekretariat Daerah Kota Lubuklinggau, Kahlan Bahar hadiri kegiatan Pelantikan dan pengambilan sumpah panitia adjukasi pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) aparatur sipil negara. Pelantikan dilaksanakan Serentak se sumsel secara Daring.

Kahlan Bahar, dalam sambutannya yang membacakan sambutan Wali Kota Lubuklinggau menjelaskan bahwa
Mengenai target PTSL tahun 2022 di Lubuklinggau diharapkan kedepan target dapat tercapai dan bidang tanah yang belum tedata akan terdata, hal ini membutuhkan sinergi pemkot dan BPN.

"Kami berharap lurah dan camat, karena tanah merupakan hak kepemilikan, sah kalau kita menguasai bukti kepemilikan dengan sertifikat. Tanah berkembangnya sedikit, sementata penduduk berkembang lebih cepat. Saat ini tanah sangatlah berharga, masalah tanah menjadi tanggung jawab kita bersama, jangan sampai yang penting di buat, salah akan menjadi tanggung jawab yang akan datang," jelasnya.

Program PTSL ini, lanjutnya, dalam rangka membantu masyarakat dalam keabsahan kepemilikan tanah. Namun jangan sampai menjadi masalah kedepannya. "Kecilkan resiko, bukan mempersulit masyarakat," katanya.

Sementara, Kepala BPN Lubuklinggau, Kelik Budiono mengatakan sudah 90 persen tanah di Lubuklinggau sudah terdata namun bukan berarti sudah bersertifikat.

"PTSL akan terus berlanjut kedepannya.
Kalau tidak dibantu lurah dan camat, tidak dapat terbantu untuj dokumen-dokumen pertanahan. Kepada para camat, juga mohon bimbingan karena sebagian wilayah kelurahan lokasi PTSL," terangnya.

"Kemudian, nanti setelah hasil PTSL ini saya merencanakan adanya pertukaran data. Data dari pemkot dan BPN dijadikan updating satu. Intinya bahwa kita akan mulai menata data base mengenai tanah dan di awali dengan PTSL ini," tandasnya.(kll)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.