banner 728x90

Perkuat Jejaring Global, Pemkab OKI Gabung UCLG ASPAC

OKI---Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) membuka jalan menuju dunia internasional dengan bergabung dalam forum United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC). Kabupaten OKI bersama Kota Makasar menjadi anggota baru yang resmi diterima sebagai anggota organisasi pemerintah daerah di Asia Pacific tersebut di tahun 2022 ini.

United Cities and Local Governments atau UCLG hadir sebagai bagian asosiasi organisasi pemerintah daerah (Pemda) yang diakui oleh PBB. UCLG memiliki regional section yang menjadi identitas mandiri, yakni UCLG ASPAC. Wilayah kerja UCLG ASPAC mencakup pemerintah daerah di negara-negara di Kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia. Tujuannya mengakselerasi pembangunan berkelanjutan melalui kerjasama yang efektif dengan pemerintah daerah.
.
Bupati Ogan Komering Ilir melalui Sekretaris Daerah, H. Husin, S. Pd, MM mengucapkan terimakasih kepada komite dan pemerintah daerah se Asia Pacific yang telah menerima Pemkab OKI sebagai anggota resmi UCLG ASPAC.
.
“Keanggotaan ini adalah jalan terbuka bagi kami untuk membangun jejaring dan memberikan dukungan dan fasilitaasi kemitraan serta kerja sama dengan kota-kota dan pemerintah daerah di Asia Pasifik, dan wilayah lainnya,” jelas Husin pada rakor virtual UCLG ASPAC, Jum’at, (10/6/22).
.
Kerja sama tersebut menurut Husin juga membantu Kabupaten OKI untuk berkolaborasi dengan pihak pendonor UCLG ASPAC terkait dengan isu prioritas kabupaten OKI seperti infrastruktur, lingkungan, perubahan iklim, Pendidikan dan kesehatan masyarakat serta tatakelola pemerintahan
.
Kemitraan global ini juga merupakan bagian upaya Pemkab OKI untuk bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk asosiasi pemerintah daerah secara internasional.
.
“Untuk mempercepat penyelesaian masalah prioritas kabupaten,” kata Husin.
.
Selain itu tambah, Husin keikutsertaan kabupaten OKI dengan UCLG ASPAC bertujuan untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada Pemkab OKI dalam pencapaian target menyelesaikan enam skala prioritas.
.
“Dengan anggaran Kabupaten OKI yang terbatas kami tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan yang ada, khususnya skala prioritas. Melalui kepesertaan forum UCLG ASPAC ini dapat membantu,” kata dia.
.
Sementara sekretariat Jenderal UCLG ASPAC Dr. Bernadia Irawati Tjandra Dewi mengucapk selamat kepada Kabupaten OKI dan Kota Makasar yang secara resmi telah bergabung dengan UCLG ASPAC dengan berkolaborasi bersama organisasi kabupaten/kota di Asia Pacifik ini merupakan kesempatan untuk sharing praktik dan potensi daerah.
.
“Pemerintah daerah yang bergabung ke dalam wadah United Cities and Local Governments Asia Pasific agar semakin aktif berjejaring dengan anggota Pemda lainnya untuk saling bertukar pengetahuan, praktik tata kelola pemerintahan daerah yang baik, alih teknologi, promosi potensi daerah ke forum internasional,” kata Bernadia. (Dia)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.