Bupati PALI Launching Buku Suara Millenial

Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM meluncurkan buku ‘Suara Millenial’, yang digarap Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten PALI di sanggar lapangan kebun buah Simpang Raja, Kelurahan Handayani Mulia, Kecamatan Talang ubi, Rabu (12/8).

Dalam launching buku tersebut, juga dihadiri para penulis, yang merupakan siswa SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi dan mayoritas tergabung dalam ekstra kurikuler karya ilmiah.

Buku ‘Suara Millenial’ berisikan karya tulis berbentuk cerita pendek (Cerpen) dari pengalaman ataupun kejadian, yang dilihat maupun dialami 57 siswa, yang tercatat sebagai pengisi buku tersebut.

“Awalnya saya melihat anak-anak pelajar SMAN 2 Unggulan Talang Ubi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, yang dinamakan Karya ilmiah. Dari sana saya tantang mereka untuk membuat suatu karya ilmiah berupa tulisan, untuk di satukan menjadi sebuah buku,” jelas Ketua KNPI PALI, M Anasrul DN SPd I.

Menurutnya, setiap tahun akan diterbitkan buku-buku serupa. Namun, edisi perdana ini memang gagasannya bermula dari SMAN Unggulan.

“Ke depan, kita akan adakan di setiap SMA sederajat yang ada di Kabupaten PALI,” terangnya.

Selain itu, lanjut Anas, saat ini KNPI juga mengadakan sayembara menulis untuk tingkat SMA sederajat di PALI. Tentang pembangunan yang dirasakan masyarakat, setelah terbentuknya PALI dan tulisan tentang sang penulis menjadi pemimpin daerah.

“Kita mencari satu tulisan untuk dimuat di majalah Gelora Pemuda edisi kedua pada November 2020 mendatang. Nanti tulisan terbaik akan diberi reward uang pembinaan Rp1 juta. Ada dua tema, yakni ‘Jika Aku Menjadi Kepala Daerah’ dan tentang pembangunan yang dirasakan masyarakat sejak menjadi Kabupaten PALI. Pelajar yang ingin ikut serta, nanti bisa langsung menghubungi DPD KNPI,” jelasnya.

Sementara, Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM sangat mengapresiasi karya tulisan dari sejumlah pelajar SMA itu, sehingga dapat terbit dalam buku ‘Suara Millenial’.

“Seorang yang menulis maka dia akan membaca. Membaca adalah jendela dunia. Banyak manfaat dari kegiatan menulis. Terutama bagi pelajar di tengah kondisi pandemi seperti ini. Salah satu aktifitas yang besar manfaatnya untuk dilakukan saat belajar di rumah,” katanya.

Kepala SMAN 2 Unggulan Talang Ubi, Irwansyah SPd MSi, sangat berterimakasih atas dukungan Bupati PALI dan KNPI Kabupaten PALI hingga diluncurkannya buku ‘Suara Millenial’, yang ditulis oleh anak didiknya.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati PALI, yang selalu memperhatikan dan mendukung untuk kemajuan dunia pendidikan, serta kepada KNPI PALI, yang telah menerbitkan buku ‘Suara Millenial’,” pungkasnya.

author
No Response

Leave a reply "Bupati PALI Launching Buku Suara Millenial"