banner 728x90

Bupati Muara Enim Hadiri Rakor Dekranasda

Kepada Perangkat Daerah termasuk pihak yang turut serta menjadi pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab. Muara Enim agar dapat mendukung menyinergikan kegiatan maupun program kerjanya dengan mengakomodir dan memfasilitasi program kerja yang ada di Dekranasda Kab. Muara Enim sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Sehingga daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dapat meningkat dengan berorientasi pasar dan selera global karena Dekranasda merupakan mitra strategis pemerintah dalam pembangunan.

Hal tersebut di tegaskan Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) didampingi Ketua Dekranasda Kab. Muara Enim Hj Renny Devi Nasrun dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Rencana Program Kerja Dekranasda Kab. Muara Enim Tahun 2021, Selasa (14/09) di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya, Kantor Bappeda Muara Enim.

Disamping itu, Pj Bupati juga menegaskan bahwa Dekranasda memiliki tugas besar dalam menggali, melestarikan, membina dan mendorong potensi seni kriya atau kerajinan Kab. Muara Enim agar mampu berdaya saing sehingga pada akhirnya memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah dan jangan lupakan satu hal penting terkait kearifan lokal/ kerajinan daerah yakni branding atau hak paten dari produk tersebut.

Lalu, Dekranasda Kabupaten Muara Enim harus dapat memaksimalkan potensi kerajinan daerah dengan menjalin kerja sama dengan semua pihak.

Tidak hanya dengan pemerintah daerah tetapi juga pihak ketiga seperti dunia usaha melalui program community development dan tanggung jawab sosial perusahaan agar mampu mendorong munculnya industri kreatif keluarga dan masyarakat sehingga menjadi penggerak perekonomian daerah, khususnya menumbuhkan usaha mikro, kecil dan menengah yang menuju pada peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat.

Diakhir arahannya, Pj Bupati mengajak semua, termasuk Dekranasda Kab. Muara Enim untuk turut memaksimalkan keberadaan Gerai Pusat Oleh-oleh Kab. Muara Enim yang pengelolaan dan pemanfaatnya berada di Dinas Perdagangan.

“Manfaatkanlah secara maksimal sebagai sentra promosi kerajinan daerah dengan memamerkan produk kerajinan dan oleh-oleh dari seluruh Kec. yang ada di Kab. Muara Enim,” ajak Pj Bupati.

Rakor perdana Dekranasda Kab. Muara Enim ini diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota Dekranasda Kab. Muara Enim secara virtual. (Pme)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Bupati Muara Enim Hadiri Rakor Dekranasda"