Sambangi Korban Kebakaran, Wawako Fitrianti Agustinda Ingatkan Warga Jangan Lalai


Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda meninjau korban kebakaran di Jalan Musi Raya Timur, RT 44 RW 09, Kelurahan Sialang, Kecamatan Sako,  (28/1/2022).

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (26/1/2022) siang, sekira pukul 12.15 WIB. Api menghanguskan enam toko. Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta.

Para korban mayoritas penyewa toko.

Dari informasi yang dihimpun, sumber api dari dapur Rumah Makan Family Saiyo. Api berkobar dan lantas menjalar ke bangunan di sebelahnya.

“Di awal 2022 ini ada beberapa peristiwa kebakaran. Kita ingatkan dan mengimbau kepada masyarakat agar jangan lengah. Jika hendak keluar rumah atau toko, pastikan mematikan kompor, memeriksa listrik, dan barang-barang yang rentan terbakar,” ujar Fitrianti.

Ia mengatakan, pemerintah akan semaksimal mungkin membantu para korban kebakaran.

Fitrianti juga meminta camat Sako untuk mendata apa saja yang dibutuhkan korban.

Wawako juga memberikan bantuan seperti sembako kepada semua korban kebakaran tersebut.

“Tadi juga kami sudah memberi bantuan alakadarnya kepada korban. Semoga mereka diberikan kesabaran dan ketabahan,” ujar Fitrianti.

Sementara Nurmiah, (43) pemilik rumah makan Padang Family Saiyo, mengharapkan adanya bantuan dari Pemkot Palembang.

“Kami hanya bisa pasrah melihat api besar menghabiskan semua barang dagangan kemarin. Tolonglah, bantu kami agar bisa usaha kembali,” ujarnya.

Salah satu pemilik lapak, Totok (42), mengatakan, usaha konter HP miliknya habis tak tersisa akibat musibah tersebut.

“Saya pemilik konter, semuanya habis ga ada sisa. Ga cuma saya, yang lain juga begitu. Mereka kan ada yang jual pakan ternak, ada yang rumah makan, ada juga toko baju yang baru lima hari buka,” jelas Totok.

Ia berharap, agar pemerintah membantu mereka dan juga secepatnya melakukan perbaikan pada kios mereka.

“Harapan kami agar pemerintah jangan terlalu lama membiarkan kios seperti ini, kami juga punya anak istri. Korban juga rata-rata nggak ada yang punya mata pencaharian lain mbak,” tutupnya.

Adapun toko yang terbakar, antara lain toko pakan ternak, toko pakaian bekas, konter hape, toko service hp, dan rumah makan. (Hms)

Berita Terkait

Top