Dihadapan Kemkominfo RI, Kadiskominfo Muara Enim Paparkan Gerakan Smart City


Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten. Muara Enim mengikuti secara virtual dari Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim kegiatan Penilaian Evaluasi dalam rangka Program Gerakan menuju Smart City tahun 2021 oleh Tim Asesor dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) yakni Windy Gambetta, Fitrah R Kautsar, Dudi Hermawan, Lukito Edi Nugroho, dan Sri Yulianto.

Dalam evaluasi tersebut, Rabu (08/12) pagi. Kadiskominfo Muara Enim Ardian Arifanardi memaparkan Gerakan menuju Smart City Kab. Muara Enim yang diantaranya menjelaskan Profil Daerah Kab. Muara Enim, Visi Muara Enim Smart Regency ‘Wujudkan Muara Enim Smart Regency yang Nyaman, Berdaya Saing dan Lestari’, Rencana Aksi termasuk Quick Wins Muara Enim Smart Regency antara lain Aplikasi Mance (Muara Enim Center), SiCerdas (Sistem Informasi, Cepat, Efisien, Responsif dan Berintegritas), Rumah UMKM Gerbang Serasan Muara Enim, Colorful Muara Enim dan Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa) serta New Quick Wins yakni 1 Desa 1 Tenaga IT.

Selanjutnya, Kadiskominfo Muara Enim yang didampingi Kabid E-Government Iwan Setiawan memaparkan capaian 6 Dimensi Muara Enim Smart Regency diantaranya Smart Branding, program Smart Branding yang telah dilaksanakan sesuai masterplan tahun 2021 yaitu menggelar festival budaya dan atau temu investor, pembangunan citra melalui social media, memperbaiki kuantitas dan kualitas direktori dan review objek wisata, hotel, tempat belanja di aplikasi dan website direktori nasional dan global (Google My Business, Google Map, Qraved, TripAdvisor, dst), membuat slogan dan logo khusus pariwisata, sistem informasi panduan dan direktori pariwisata, serta pengembangan sumber daya dan pemasaran ekonomi kreatif.

“Inti dari Program Muara Enim Smart Regency ini adalah mewujudkan masyarakat Muara Enim yang Nyaman, Berdaya Saing dan Lestari, itulah goalnya,” ungkap Ardian yang tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Tim Asesor Kemkominfo RI.

Nampak hadir dalam evaluasi tersebut, PIC (Penanggung Jawab dari Perangkat Daerah yang membidangi Smart City di Instansinya masing- masing).

Berita Terkait

Top