Wawako Palembang Tinjau Kantor Disdukcapil Yang Terbakar

banner 468x60

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis (18/11/2021) meninjau kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, di Jalan Demang Lebar Daun.

Kantor itu terbakar pada Rabu (17/11/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kebakaran itu berdampak pada penghentian sementara pelayanan di Disdukcapil. Tapi, masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan tetap masih bisa.

“Sampai saat ini, listrik di kantor ini masih dimatikan untuk keamanan. Pelayanan juga belum bisa dilakukan di sini, karena masih berantakan. Tapi, bisa ke kantor UPTD kita. Kita upayakan secepatnya kantor ini dibenahi, sehingga bisa melakukan pelayanan lagi,” kata Fitrianti.

Ia menyebutkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kota Palembang untuk membantu membersihkan sisa-sisa kebakaran.

 “Kita bersihkan dulu, nanti kalau sudah dirasa aman baru pelayanan bisa berjalan lagi.”

Untuk penyebab kebakaran, lanjut Fitri, sampai saat ini masih ditangani oleh pihak kepolisian. “Kita masih menunggu hasil penyelidikan dari kepolisian terkait penyebab kebakaran.”

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang, Dewi Isnaini, mengungkapkan, terkait data, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri.

“Kalau data semua tersimpan karena kita ada pusat data di Kemendagri. Tadi sudah ada yang ke sini melihat kondisi kantor,” katanya.

Dewi menerangkan, kebakaran terjadi di ruang server Disdukcapil. Beberapa unit komputer dan peralatan elektronik lainnya hangus terbakar. Untungnya, api tidak merambat ke ruang arsip sebelah, di mana jutaan dokumen fisik penting seperti Kartu identitas, Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga tersimpan semenjak jaman pra-elektronik.

“Alhamdullillah ruang data kelahiran tidak kena. Sehingga jutaan arsip data akta kelahiran dari tahun 1945 bisa diselamatkan.”

Dewi menerangkan runtutan kejadian kebakaran pada Rabu kemarin itu.

Kepala dinas Dukcapil Dewi Isnaini menjelaskan runtutan kejadian.

"Sekitar pukul 4 sore, kami yang di lantai 3 sedang mengadakan rapat. Tiba-tiba terdengar suara ledakan di lantai bawah. Kami segera turun untuk memeriksa keadaan dan melihat kobaran api. Langsung kami lakukan tindakan awal sambil menunggu petugas pemadam kebakaran. Akhirnya api bisa padam pada sekitar pukul 5 sore," Dewi menerangkan.

Tidak ada korban jiwa maupun terluka pada peristiwa itu. Namun, kebakaran melahap ruangan server, yaitu jantung operasi online Dukcapil Palembang sehingga pelayanan tidak dapat berlangsung dalam kapasitas penuh, sampai dipulihkan.

Dewi mengatakan bahwa pihaknya belum bisa menentukan apabila ada data yang hilang akibat kebakaran. Meski begitu, Dewi meyakinkan bahwa semua data yang penting telah memiliki cadangan di pusat sehingga data masyarakat tetap tersimpan aman. (Hms)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.