Pemkot Palembang Restorasi Sungai Sekanak


Pemerintah Kota Palembang bersama Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII kini masih merestorasi Sungai Sekanak.

Selain mengembalikan fungsi sungai, restorasi juga untuk tujuan wisata di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini.

Rencananya, destinasi Sudirman akan dipindahkan ke pinggiran Sekanak Lambidaro.

Terlebih saat pandemi ini Pedesterian Sudirman ditutup, sehingga tidak pernah ada lagi aktivitas di sana.

“Selain sungainya, juga pinggirannya diperbaiki dan dibuat taman. Jadi tidak hanya jalan protokol saja,” kata Wali Kota Palembang Harnojoyo, Senin (8/11/2021).

Harnojoyo mengatakan, sejak awal pemkot berkeinginan menciptakan lokasi wisata baru sehingga tidak hanya terpusat di jalan protokol saja.

Karena itu, kawasan wisata Pedestrian Sudirman bakal dipindahkan ke bantaran Sungai Sekanak-Lambidaro.

“Proses revitalisasinya sedang berjalan saat ini. Kalau sudah selesai baru akan kita pindahkan ke lokasi tersebut,” ujar Harnojoyo.

Ia menyebutkan, progres restorasi Sungai Sekanak Lambidaro untuk segmen Jeramba Karang – 26 Ilir saat ini masih dalam proses pengerjaan.

“Target kita bisa selesai pada Desember 2021 ini.”

Sebelum pandemi, Pedestrian Sudirman jadi lokasi favorit warga Palembang, bahkan wisatawan. Aneka makanan khas Palembang, hiburan seni dan budaya, tempat diskusi sembari ngopi, kerap dijumpai di pedestrian. Malah, disediakan permainan tradisional, semisal Engrang, Bakiak, dan lainnya.

Diharapkan setelah restorasi rampung mampu menjadi salah satu objek wisata baru di Kota Palembang.

Harnojoyo juga telah menyampaikan kepada Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, dan Dinas Koperasi UMKM, untuk dapat membina masyarakat sekitar.

“Jadi apa yang dibangun dengan dana yang cukup besar ini harus bermanfaat,” katanya. (Hms)

Berita Terkait

Top