Wali Kota Palembang Dorong Masyarakat Berinovasi


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Palembang menggelar Kompetisi Inovasi 2021.

Kepala Bappeda Litbang, Harrey Hadi, mengatakan, kompetisi ini usulan Wali Kota Palembang, H Harnojoyo, yang ingin memberikan reward (penghargaan) bagi para inovator.

Tujuannya agar masyarakat termotivasi berkreasi dan berinovasi untuk menggerakkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“UMKM di Kota Palembang ini cukup banyak. Tetapi tidak terpantau secara keseluruhan. Untuk itulah kita adakan lomba ini. Kita berharap dapat menonjolkan inovator dari para usaha kecil namun memiliki semangat yang tinggi untuk maju, baik kancah lokal maupun nasional,” ujar Harrey, di rumah dinas wali kota

Ia menerangkan, seleksi kompetisi inovator ini sudah dimulai dua bulan lalu.

Dari 50 peserta, dipilih 5 terbaik

“Insya Allah ini akan jadi agenda tahunan. Kita harapkan lomba ini dapat memotivasi para inovator atau usaha kecil lebih maju dan kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada, terlebih selama pandemi,” ujar Harrey.

Ia menyebutkan, para pemenang ini selain mendapat piagam juga uang pembinaan.

Ke depan jika ada kesempatan akan diikutkan ke skala nasional.

“Tentu ini tujuan utama kita , sehingga para UMKM dapat dilihat, tidak hanya lokal, tapi juga nasional.”

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengapresiasi sekaligus memberikan penghargaan terhadap para inovator yang berani berinovasi, menciptakan peluang.

“Skala besar dimulai dari hal kecil. Ini yang kita harapkan dari para inovator dan ke depan mudah-mudahan bisa bersaing dan melaju ke kancah nasional bahkan internasional. Ke depan, lomba ini bisa juga dilaksakan di kecamatan-kecamatan agar dapat memotivasi masyarakat, bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi juga. Luar biasa sekali. Bahkan ada juga dari para inovator hasil inovasinya sudah bernilai ekonomi tinggi, ini sangat kita apresiasi.” (Hms)

Berita Terkait

Top