Bupati Muara Enim Tinjau TPS Pilkades Serentak

123 views
banner 468x60

Muara Enim ---Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Muara Enim.

Diketahui, sebanyak 106 desa pada 20 kecamatan di Kabupaten Muara Enim pada hari ini, Kamis (14/10/2021) menggelar pemungutan suara Pilkades serentak.

Salah satu TPS yang ditinjau langsung oleh Pj Bupati yaitu TPS 1 Desa Tanjung Raman, Kecamatan Ujan Mas.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Muara Enim memantau langsung jalannya pesta demokrasi di Desa Tanjung Raman, mulai dari kedatangan pemilih, pencoblosan, hingga penerapan protokol kesehatan Covid-19.

HNU juga tampak berkomunikasi dengan panitia Pilkades dan saksi dari masing-masing calon Kades.

Pada kesempatan yang sama, HNU juga melaporkan langsung kondisi Pilkades ini kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual

Pj Bupati Muara Enim mengatakan tujuannya meninjau TPS pada hari ini untuk memastikan Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Muara Enim berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

“Saya ingin memastikan proses demokrasi Pilkades ini dilaksanakan secara demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia dan tentu akuntabel dapat dipertanggungjawabkan,” kata HNU saat diwawancara wartawan usai peninjauannya, Kamis (14/10).

HNU berharap calon Kepala Desa yang terpilih nantinya adalah yang memang berkualitas dan dapat bahu membahu dengan pejabat tingkat atas, baik tingkat kecamatan maupun kabupaten.

“Agar bisa bersama-sama menetapkan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Muara Enim ini, yang saat ini dan saat akan datang, itu kita harapkan jauh lebih baik dari saat-saat yang lalu,” ujarnya

Lebih lanjut, HNU berpesan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga kondusifitas selama proses demokrasi Pilkades ini.

Dia juga berpesan kepada setiap calon Kepala Desa untuk siap kalah siap menang, sesuai dengan Deklarasi Damai yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Ketika kalah itu bukan berarti kalah, namun adalah kemenangan yang tertunda. Jadi siap menang siap kalah, tidak boleh ada keributan dan kekacauan, jaga kondusifitas wilayah,” pesannya.

Kemudian, HNU berpesan kepada panitia Pilkades untuk tetap harus mengedepankan netralitas.

“Ketika tidak netral, tentu ada sanksi dan punishment terhadap apa yang mereka lakukan,” tegasnya.

HNU mengatakan bahwa dirinya mungkin akan mengunjungi 5 hingga 7 desa untuk meninjau TPS.

“Ini barangkali yang dekat-dekat saja, yang secara prinsip saya yakinkan bahwa ini harus saya kunjungi,” katanya

Turut mendampingi Pj Bupati Muara Enim dalam kegiatan itu, di antaranya Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari, Kabag Ops Polres Muara Enim Kompol Willian Herbensyah, Kepala BPBD Muara Enim Abdurrozieq, Kepala Dinas PMD Rusdi Khairullah. Kepala Dinas Kesehatan Selamat Oku Asmana dan Kepala Dinas Kominfo Ardian Arifanardi.

Sebagai informasi, pemungutan suara Pilkades di Desa Tanjung Raman ini diselenggarakan di 4 TPS, dengan 1.541 mata pilih. Dalam masing-masing TPS terdapat 2 bilik suara dan 1 kotak suara.

Untuk kontestan Pilkades Tanjung Raman berjumlah dua orang, yaitu Calon Kades Nomor Urut 1 Ahmad Baqi dan Nomor Urut 2 Yudi Afrizal. Keduanya merupakan wajah baru, karena Kades Petahana tidak mencalonkan diri lagi dalam kontestasi Pilkades Tanjung Raman. (Awang)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Comments are closed.