Mengetahui Tingkat Kepercayaan Masyarakat, Team Puslitbang Polri Turun Kepolres Lahat


LAHAT, suarasumsel.net —- Kapolres Lahat AKBP S.Kunto Hartono SIK, MT menerima team Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol. Drs Azis Saputra dan rombongan.

Team penelitian dan pengembangan Polri tersebut, menyambangi Polres Lahat pada Selasa tanggal 9 Mei 2023.

Team Puslitbang Polri turun ke Polres Lahat berdasarkan keputusan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri no. B/3196/IV/Lit.I/ tanggal 27 april 2023 tentang pelaksanaan penelitian di wilayah Polda Sumsel.

Hadir dalam giat tersebut seluruh PJU Polres Lahat, dan peserta Responden terdiri dari : -intern Polri meliputi fungsi Lantas mencakup bidan pelayanan SIM.

– Fungsi Binmas mencakup giat Bhabinkamtibmas.

– Fungsi samapta mencakup, pengaturan, penjagaan dan pengawalan serta pelayanan SPKT.

– Fungsi Intel mencakup pelayanan SKCK dan izin keramaian serta pengamanan.

– Fungsi Reskrim mencakup penyelidikan dan penyidikan.

Sedangkan dari Ekternal meliputi :
-Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda.

– Organisasi kewanitaan, LSM dan Komunitas.

– Tenaga pendidik, perangkat desa, instansi Pemerintah.

– Tersangka dan saksi atau keluarga tersangka dan korban, serta penasehat hukum.

Tujuan diadakanya penelitian adalah untuk menganalisis penilaian, pengalaman, ekspektasi dan persepsi masyarakat terhadap kinerja Polri terhadap pungsi operasional serta menganalisis faktor yg mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap kinerja Polri yang dititik beratkan terhadap 5 fungsi operasional di bidang pelayanan kepada masyarakat.

Adapun metode yang di gunakan adalah melalui metode Kuantitatif berupa penyebaran kuesioner kepada masyarakat secara Online dan metode Kualitatif melalui diskusi kelompok dan wawancara langsung kepada masyarakat.

Dengan adanya turunya team Puslitbang Polri kedaerah bisa mengetahui tingkat kepercayaan Polri kepada masyarakat terutama di wilayah hukum Polres Lahat. (Din)

Berita Terkait

Top